Headlines News :
Home » , » Razia Malam Ramadhan di Banda Aceh Libatkan Satgas PA

Razia Malam Ramadhan di Banda Aceh Libatkan Satgas PA

Written By Global Jurnal on Saturday, July 21, 2012 | 03:08

Foto: Ilustrasi [gerbangmedia.com]
Global Jurnal | Banda Aceh - Tim Gabungan Penegakan Syariat Islam merazia sejumlah lokasi yang disinyalir sebagai tempat maksiat di Banda Aceh, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1433 Hijriah. 

Razia melibatkan Wilayatul Hisbah (Polisi Syariah/WH), Satpol PP, Polisi Militer dan Satuan Tugas Partai Aceh ( Satgas PA), pada Jumat (20/7/2012) dimulai pukul 00:00 WIB hingga dini hari. Penegakan Perda Qanun (Perda) Syariat Islam itu sempat diwarnai ketegangan antara petugas dengan pemilik losmen yang disinyalir digunakan sebagai tempat mesum tersebut, bahkan sang pemilik losmen tersebut nyaris dipukul petugas karena melawan saat diminta ikut ke kantor untuk diperiksa.

Berbeda dengan razia yang sering digelar, ini merupakan pertama sekali melibatkan satgas partai politik.

Adalah sebuah losmen yang terletak di Jalan Teuku Umar termasuk salah satu tempat yang menjadi sasaran razia petugas. Saat tim razia melintas, di depan losmen tersebut ada seorang perempuan muda tanpa mengenakan jilbab. Kemudian dia masuk ke dalam saat melihat tim. Diduga sebagai wanita malam, tim kemudian ramai-ramai masuk ke dalam losmen itu.

Setelah sempat cekcok dengan pemilik losmen karena tidak petugas tidak lebih dulu menunjukkan Surat Izin akhirnya petugas berhasil menemukan wanita tersebut disebuah kamar, namun hanya seorang diri.

Petugas kemudian langsung memboyong pemilik losmen bersama seorang perempuan diduga pekerja malam itu ke Kantor Satpol PP dan WH Provinsi Aceh. Sebelumnya petugas juga menciduk dua pemuda di tepi Krueng Aceh, Peunayong karena kedapatan mengisap lem.

Setiba di Kantor Satpol PP dan WH, perempuan tadi langsung diinterogasi, namun ada yang berbeda dari biasanya. Kali ini bukan Penyidik WH yang melakukan interogasi, namun pelaku justru diperiksa Satgas Partai Aceh. Sementara WH, Satpol PP dan POM hanya menonton saja.

Kasi Penegakan Syariat Islam Satpol PP dan WH Aceh, Syamsuddin saat dimintai tanggapannya oleh wartawan mengatakan, memang baru kali ini Satgas Partai Aceh dilibatkan dalam razia, alasannya karena mereka yang merupakan mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) punya komitmen menegakkan syariat Islam di Aceh. "Mereka para mantan pejuang-pejuang yang ingin menegakkan Syariat Islam," ujarnya. 

Dia membantah aksi arogan dalam razia tersebut dilakukan petugas. Menurutnya itu dilakukan oleh warga sipil yang menyusup dalam razia. "Banyak sekali tadi masyarakat," sebut Syamsuddin memberi alasan.

Razia ini, kata dia, untuk meminimalisir kambuhnya Penyakit Masyarakat (PEKAT) yang menjurus kepada pelanggaran Syariat Islam, khususnya selama Bulan Suci Ramadhan kali ini. Pelaku yang ditangkap akan diperiksa jika ditemukan pelanggaran sesuai qanun Syariat Islam akan diproses hingga Mahkamah Syariah, namun jika tidak akan dikembalikan ke orangtuanya.[]

Dari: berbagai sumber       
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Global Jurnal - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger