Headlines News :
Home » , » Di Aceh Dianggap Hama, Di Sumbar Dididik Menjadi "Angkatan Udara"

Di Aceh Dianggap Hama, Di Sumbar Dididik Menjadi "Angkatan Udara"

Written By Global Jurnal on Wednesday, July 25, 2012 | 18:08

"Eungkong", begitu di Aceh hewan itu biasa disebut (di Sumatera Barat dikenal dengan sebutan Beruk atau Baruak). Sejauh ini eungkong (sejenis monyet besar) masih dianggap sebagai hama yang cenderung dimusuhi oleh sebagaian besar petani di Aceh karena ulahnya yang suka merusak atau memakan tanaman-tanaman tertentu milik masyarakat.

Seperti beberapa saat lalu sempat diberitakan oleh media setempat (Serambi Indonesia, Selasa (27/12/2011) dengan judul "Kawanan Beruk Gasak Durian Petani Tangse".

Hewan yang habitatnya hidup di hutan secara bergerombolan ini menyukai pucuk-pucuk muda selain buah-buahan. Sering tanaman warga seperti Tanaman Karet yang baru ditanam ikut menjadi sasaran eungkong ini, sehingga para pemiliknya menjadi berang dan memburu hewan mamalia tersebut.

Menjadi sumber pendapatan keluarga

Lain di Aceh lain pula di Sumatera Barat (Sumbar). Di Sumbar umumnya di Kabupaten Pariaman, hewan ini dimanfaatkan tenaganya oleh warga setempat untuk memetik buah kelapa, pinang dan melinjo setelah terlebih dahulu dilatih untuk memahami perintah-perintah dari Tuannya.

Hal tersebut terinspirasi karena ketiga jenis tanaman tersebut merupakan tanaman tua dan cenderung terus meningga, sehingga biaya yang harus dikeluarkan untuk memanen tanaman-tanaman tersebut semakin hari semakin tinggi. Maka oleh warga setempat dididiklah beruk-beruk tersebut untuk kemudian dijadikan sebagai "Angkatan Udara" (Pemanjat Kelapa), dan hasilnya sangat lumayan untuk menambah pendapatan dan menunjang ekonomi keluarga masyarakat pariaman.

Bahkan dari informasi yang didapat, seekor beruk yang sudah terlatih dan telaten dalam memetik buah kelapa itu bisa diharga sampai 10 juta rupiah per ekornya, sangat fantastis bukan?

Anda tertarik ingin melatik beruk? Berikut ini Cara melatih beruk agar bisa memetik kelapa.
[AJL]


Foto: Antara
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Global Jurnal - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger