Headlines News :
Home » , , , » Ayam Mendadak Bertumbangan di Aceh Utara

Ayam Mendadak Bertumbangan di Aceh Utara

Written By Global Jurnal on Tuesday, July 24, 2012 | 18:22

Foto: Ilustrasi [Google]
LHOKSUKON | Global Jurnal - Kejadian yang tidak lazim terjadi di Kabupaten Aceh Utara, tepatnya di Kecamatan Geureudong Pase. Sejumlah ternak ayam milik warga di Gampong (Desa) Dayah Seupeng mendadak bertumbangan dan akhirnya mati tanpa sebab yang jelas.

Kejadian tersebut sudah berlangsung sejak hari Jum'at (20/07/2012) yang bertepatan dengan hari "Meugang" (Hari Khusus yang dirayakan oleh masyarakat Aceh sehari menjelang 1 Ramadhan dan Lebaran), namun karena kejadiannya tidak dialami secara massif oleh warga setempat sehingga informasinya tidak cepat menyebar dikalangan masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh seorang warga Gampong Dayah Seupeng, Nurheriani (25) kepada Global Jurnal, Selasa (24/07/2012 yang turut diamini oleh Nurjannah (33) juga warga setempat.

"Kejadiannya menimpa satu demi satu ternak ayam kami dan sudah terjadi sejak hari meugang kemarin lusa. Awalnya kami pikir ayamnya mati karena makan racun atau apa, tapi belakangan kejadiannya makin meluas hingga hari ini", tutur Ani begitu Ibu Rumah Tangga tersebut biasa disapa.

Menurut Ani, ia dan tetangganya mulai merasa khawatir dan tidak nyaman, karena kematian ternak-ternak tersebut sudah mulai menebarkan bau busuk. Kematiannya terjadi tiba-tiba tanpa terlebih dahulu sakit. Ani juga mengatakan, akibat dari kebiasaan warga setempat yang melepaskan ayamnya begitu saja sehingga kematiannya baru diketahui setelah bangkainya membusuk. 

Warga pun takut untuk menguburkannya karena mereka khawatir kalau kematian hewan-hewan tersebut akibat terkena wabah "Flu Burung" (H5N1). "Takutnya itu ayam kena Flu Burung, kayak yang dibilang di TV-TV itu", Pungkasnya.

Geuchik (Kades) Dayah Seupeng M. Jafar Yacob, saat akan dikonfirmasi terkait kejadian tersebut mengatakan sedang ada rapat penting di Kantor Camat dan dimintai untuk menghubunginya kembali nanti. Sampai berita ini diturunkan, belum ada instansi terkait yang berhasil dihubungi untuk dimintai tanggapannya. [AJL]
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Global Jurnal - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger